Universitas Negeri Surabaya sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) ternama di Indonesia, memiliki program pengadaan guru yang meliputi pendidikan akademik atau Program Sarjana Pendidikan, serta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Untuk mempersiapkan calon pendidik, mahasiswa Program Sarjana Pendidikan diberikan pengalaman di sekolah yang disebut dengan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Dalam pedoman ini terdapat penjelasan mengenai Dasar Hukum, Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup dan Capaian pembelajaran dan beban belajar. Persyaratan dan pelaksanaan PLP beserta monitoring dan evaluasi serta format penulisan dan form yang digunakan selama melaksanakan PLP juga terdapat pada buku pedoman tersebut. Berikut dokumen lengkap dari pedoman PLP dapat Anda unduh disini. Sebelum melaksanakan PLP, mahasiswa diharuskan melaksanakan Matakuliah Mircroteaching terlebih dahulu untuk belajar merencanakan pembelajaran, praktik mengajar dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik.

Tujuan dari Microteaching:
  1. Mahasiswa dapat membuat perangkat pembelajaran yang inovatif, kreatif dan efektif
  2. Mahasiswa dapat merancang model dan metode pembelajaran secara efektif
  3. Mahasiswa dapat merancang dan melakukan asesment kegiatan terhadap hasil pembelajaran
Tujuan dari PLP:
  1. Membangun landasan jati diri calon pendidik melalui beberapa bentuk kegiatan di sekolah.
  2. Mahasiswa mampu memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi.